Senin, 18 April 2011

Kompetensi SDM with Behavioral Interview

Guide Interview

1. Selama bekerja pernah tidak menghadapi problem atau permasalahan-permasalahan? Bisa diceritakan situasinya? Mengapa itu bisa terjadi? Apa yang anda lakukan ketika itu? Bagaimana hasilnya?

2. Dari permasalahan tersebut adakah permasalahan yang dirasa paling sulit dihadapi? Bagaimana situasinya? Bagaimana anda menyikapi hal tersebut? Apa yang anda lakukan? Bagaimana hasilnya?

3. Ceritakan pemikiran anda mengenai organisasi 5-10 tahun ke depan? Factor apa saja yang anda pertimbangkan untuk membawa organisasi anda ke depan?
4. Menurut anda apa tantangan terbesar bagi perusahaan ini? Bagaimana anda menyikapinya?

5. Pernah tidak menghadapi suatu kejadian dimana anda mengajukan diri mengambil peluang dan menerima tantangan dalam pekerjaan? Bagaimana situasinya? Apa yang membuat anda mengajukan diri? Apa saja yang anda lakukan ketika itu? Adakah hambatan? Bisa diceritakan situasinya? Mengapa terjadi? Apa yang anda rasakan? Lakukan? Bagaimana hasilnya?

6. Pernah bekerja untuk mencapai standar tertentu? Apa saja upaya yang dilakukan? Bisa diceritakan situasinya? Bagaimana hasilnya? Sesuai standar atau belum? Apa efeknya (rasa, pikir, tindakan)

7. Pernah tidak melakukan hal yang berbeda dibandingkan dengan rekan kerja anda di perusahaan? Mengapa? Beri satu contoh yang menjadi keistimewaan anda

8. Pernah tidak melakukan perbaikan kinerja/improvement untuk meningkatkan kualitas kerja dilingkungan organisasi anda? Apa yang anda lakukan/pikirkan?

9. Pernah tidak mengimplementasikan ide ke dalam aplikasi praktis di pekerjaan anda? Apa yang anda lakukan? Pikirkan? Rasakan dan bagaimana hasilnya?

10. Pernah tidak anda mengalami suatu kondisi emosional? Bisa anda ceritakan seperti apa waktu itu? Apa yang terjadi? Apa yang anda pikirkan? rasakan? lakukan? Bagaimana selanjutnya?

11. Pernah tidak anda mendapatkan tugas khusus dari orang lain/atasan diluar pekerjaan? Siapa saja yang terlibat? Bisa diceritakan situasinya

12. Apa yang anda lakukan untuk mendorong teman sekerja atau bawahan untuk bertanggung jawab terhadap pekerjaan-pekerjaan mereka? Bagaimana situasinya? Adakah target yang harus dicapai? Bagaimana hasilnya?

13. Pernah tidak anda melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan deadline? Pernah tidak anda menetapkan target sendiri meskipun ada deadline? Bisa anda ceritakan?

14. Pernah tidak anda melakukan diskusi? dalam waktu dekat ini diskusi seperti apa yang anda lakukan?

15. Pernah tidak mengahadapi lawan bicara yang sulit dihadapi? Bagaimana situasinya? Teknik komunikasi apa yang anda gunakan untuk menghadapinya? Factor apa saja yang anda pertimbangkan dalam menentukan penggunaan teknik komunikasi yang anda jalankan? Bagaimana reaksi lawan bicara anda? Apa yang kemudian anda lakukan?

1 komentar: