Senin, 27 Februari 2012

Focus Group Discussion (FGD)

Diskusi Kelompok Terarah (DKT) atau Focused Group Discussion (FGD) untuk mengumpulkan data. Focused Group Discussion (FGD) adalah metode riset dimana periset memilih orang-orang yang dianggap mewakili sejumlah publik atau populasi yang berbeda. Tujuan dari DKT ini adalah untuk mengumpulkan pendapat dari suatu kelompok mengenai suatu hal (Krisyantono, 2007).

Proses FGD meliputi tiga hal yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyajian data. Secara singkat akan dikemukakan tentang ketiga hal tersebut. Yang terpenting dalam persiapan DKT harus tersedia pemandu yang terampil. Tanpa pemandu yang baik kelompok terarah tidak akan memperoleh data yang diharapkan. Pemandu atau moderator dapat dirangkap oleh peneliti atau orang lain. Moderator harus mengetahui tujuan diskusi, dan mempunyai ketrampilan komunikasi yang cukup baik. Ketrampilan tersebut meliputi: mendorong semua partisipan untuk berdiskusi, memberikan stimulasi diskusi antara partisipan, terutama bila informasi baru diberikan, atau perspektif yang berbeda dikemukakan, membimbing kelompok dari topik satu ke topik yang lainnya. Pemandu juga tidak boleh menyatakan pendapatnya sendiri, tidak boleh bertindak sebagai seorang ahli, tetapi tetap mengendalikan jalannya diskusi. Selain pemandu yang terampil, tempat untuk berdiskusi juga harus ditentukan.

Menurut Krisyantono (2007), seorang moderator harus mempunyai kemampuan dalam penguasaan teknik wawancara, menjaga agar aliran diskusi tetap berjalan. FGD memungkinkan periset untuk mendapatkan data yang lengkap dari responden yang biasanya dijadikan landasan suatu program (pilot study).Selama diskusi berlangsung akan lebih baik dilengkapi alat perekam, seperti video tape, tape-recorder sehingga membantu peneliti dalam menganalisisdata. Sebaiknya ada pengamat yang dapat mengamati dan mencatat jalannya diskusi, terutama komunikasi nonverbal perlu dicermati. Fungsi pengamat disini adalah untuk melengkapi proses FGD yang tidak terekam dalam rekaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar