Evaluasi pelatihan adalah suatu proses untuk menentukan
kemajuan suatu program pelatihan dibandingkan dengan tujuan yang ingin dicapai.
Evaluasi program latihan dan pengembangan diartikan sebagai penetapan kriteria
keberhasilan beserta tolak ukurnya. Suatu program latihan perlu dievaluir sebab
dengan evaluasi akan diketahui seberapa banyak usaha latihan ini bisa mengubah
perilaku dari peserta sesuai dengan yang diharapkan oleh pelatih dan
perusahaan.
Evaluasi pelatihan memiliki
fungsi sebagai pengendali proses dan hasil program
pelatihan sehingga akan dapat dijamin suatu program
pelatihan yang sistematis, efektif dan efisien. Evaluasi
pelatihan merupakan suatu proses untuk mengumpulkan data dan informasi yang
diperlukan dalam program pelatihan. Evaluasi
pelatihan lebih difokuskan pada peninjauan kembali proses pelatihan dan menilai
hasil pelatihan serta dampak pelatihan yang dikaitkan dengan kinerja SDM.
Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dari program
pelatihan, mengingat telah banyak menghabiskan waktu, energi, serta biaya untuk
pelaksanaannya. Agar pelatihan tidak sia-sia, suatu langkah evaluasi dan tindak
lanjut dilakukan secara teratur. Evaluasi suatu program pelatihan diperlukan
untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap
staf terjadi dan seberapa besar penerapannya dalam memberikan arti atau
pengaruh pada dirinya, kelompok dan organisasinya.Tujuan dari evaluasi
pelatihan adalah :
- Menemukan dan menganalisis informasi mengenai pencapaian tujuan dalam jangka pendek dan jangka panjang.
- Mengetahui pengaruh program pelatihan terhadap kinerja hasil implementasinya.
- Mengetahui dengan cepat kemungkinan utnuk perbaikan dan sinkronisasi program pelatihan sesuai dengan perkembangan situasi dalam organisasi.
- Mengetahui reaksi peserta terhadap sebagian atau keseluruhan program pelatihan
- Mengetahui hasil pembelajaran peserta
- Mengantisipasi tindakan tertentu ketika diperlukan untuk mengambil langkah-langkah perbaikan
- Mengetahui hasil pelaksanaan pelatihan dan pengaruhnya terhadap kinerja serta masalah-masalahnya
- Mengetahui opini pemimpin dan bawahan peserta mengenai hasil pelatihan
- Mengetahui hubungan hasil pelatihan serta dampaknya bagi organisasi di tempat peserta bekerja.
Pelatihan dievaluasi dengan sistematis
mendokumentasikan hasil-hasil pelatihan dari segi bagaimana sesungguhnya
peserta pelatihan berperilaku kembali pada pekerjaan mereka dan relevansinya
perilaku peserta pada tujuan-tujuan perusahaan. Dalam menilai manfaat atau
kegunaan program pelatihan, perusahaan mencoba menjawab empat pertanyaan
(Simamora, 2006) :
- Apakah terjadi perubahan?
- Apakah perubahan disebabkan oleh pelatihan?
- Apakah perubahan secara positif berkaitan dengan pencapaian tujuan-tujuan organisasional?
- Apakah perubahan yang serupa terjadi pada partisipan yang baru dalam program pelatihan yang sama?
Evaluasi membutuhkan adanya penilaian
terhadap dampak program pelatihan pada perilaku sikap dalam jangka pendek
maupun jangka panjang. Menurut Simamora (2006), pengukuran efektifitas
penilaian meliputi :
Reactions
Ukuran mengenai
reaksi didesain untuk mengetahui opini dari para peserta mengenai program
pelatihan. Usaha untuk mendapatkan opini para peserta tentang pelatihan,
terutama didasarkan pada beberapa alasan utama, seperti untuk mengetahui sejauh
mana para peserta merasa puas dengan program, perasaan peserta terhadap
pelatihan dan pelatih, serta saran perbaikan dalam program. Tipe penilaian
reaksi penting karena menyediakan estimasi awal tentang efektivitas program
pelatihan. Selain itu perasaan partisipan terhadap pengalaman pelatihan
belakangan akan mempengaruhi aplikasi keahlian dan sikap yang diperoleh selama
pelatihan
Learning
Informasi yang ingin diperoleh melalui
jenis evaluasi ini adalah mengetahui seberapa jauh para peserta menguasai
konsep-konsep, pengetahuan, keterampilan-keterampilan yang diberikan selama
pelatihan.
Behavior
Perilaku
dari para peserta sebelum dan sesudah pelatihan, dapat dibandingkan guna
mengetahui tingkat pengaruh pelatihan terhadap perubahan performansi mereka.
Langkah ini penting karena sasaran dari pelatihan adalah untuk mengubah perilaku
atau performansi para peserta pelatihan setelah diadakan program pelatihan.
Organizational
result and Cost effectivity
Tujuan
dari pengumpulan informasi pada level ini adalah untuk menguji dampak pelatihan
terhadap kelompok kerja atau organisasi secara keseluruhan. Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui besarnya biaya yang
dihabiskan bagi program pelatihan, dan apakah besarnya biaya untuk pelatihan
tersebut terhitung kecil atau besar dibandingkan biaya yang timbul dari
permasalah yang dialami oleh organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar